Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat resume yang baik dan benar, cocok buat jobseeker!


Hartoni.com - Dalam dunia pendidikan ataupun karir, istilah resume sudah tidak asing lagi untuk didengar. Pasalanya, di dunia pendidian yakni pelajar, mahasiswa bahkan dosen sering membuat resume dari suatu karya ilmiah, baik berupa buku, jurnal, dan makalah.

Sedangkan dalam dunia karir, resume sangat dibutuhkan oleh calon pelamar yang ingin kerja di suatu perusahaan. Maka dari itu, kamu juga perlu memahami tentang bagaimana cara membuat resume dengan benar.

Untuk itu, langsung saja simak ulasan berikut ini tentang cara membuat resume dengan baik dan benar yang telah dilansir dari berbagai sumber.

Cara Membuat Resume Jurnal/Makalah

Sebenarnya cara membuat suatu resume tidak begitu sulit dan bisa dibilang cukup mudah kalau kamu telah terbiasa mengerjakannya. Apalagi kalau sudah melihat beberapa contoh resume, hal ini akan membuat semakin terlatih dalam membuat resume.

Tapi, sayangnya masih banyak orang termasuk para pelajar yang bingung dalam cara membuat resume jurnal. Sehingga, mereka pun asal-asalan dalam merangkumnya. Nah, untuk menghindari kesalahan-kesalahan tersebut, berikut akan dijelaskan secara singkat tentang langkah-langkah dalam membuat sebuah resume:

1. Membaca Teks yang Asli

Langkah pertama dalam cara membuat resume jurnal ialah biasakan untuk membaca teks aslinya terlebih dahulu, karena dengan membaca teks atau naskah aslinya dengan berulang kali akan membuatmu lebih memahami keseluruhan isi saat membuat jurnal.

Namun, saat membaca naskah aslinya kamu juga harus sampai tuntas dan tidak boleh lompat-lompat agar bisa mendapatkan gambaran umum dan memahami sudut pandang yang akan kamu tulis nantinya.

2. Menentukan Serta Mencatat Gagasan Utama

Setelah memahami maksud dari si penulis, cara membuat resume yang selanjutnya adalah dengan menemukan pokok-pokok tulisan. Hal ini harus dilakukan karena gagasan utama merupakan pikiran utama yang terdapat dalam suatu tulisan.

Akan tetapi kalau kamu belajar cara membuat resume jurnal, maka kamu tidak harus mencatat semua gagasan utama pada setiap paragraf jurnal aslinya. Hal ini dikarenakan tidak semua paragraf yang ada di jurnal memiliki gagasan utama, dan biasanya di dalam jurnal banyak sekali kutipan-kutipan seseorang.

Sedangkan gagasan utama itu sendiri berasal dari kalimat utama yang merupakan pemikiran murni dari si penulis jurnal bukan berupa opini, data atau kutipan.

3. Mulai Menulis Resume atau Ringkasan

Kalau kamu sudah melakukan semua tahapan di atas, maka cara membuat resume dengan benar berikutnya ialah kamu bisa memulai untuk menulis ringkasan. Namun perlu diingat, urutan paragraf untuk pembuatan resume harus sesuai dengan naskah aslinya, ya.

Sementara untuk cara membuat resume jurnal kamu tidak perlu membuat banyak sub bab, sebab resume merupakan ringkasan singkat, karena itu buatlah resume dalam bentuk paragraf demi paragraf saja.

4. Membaca Kembali Resume yang Sudah Dibuat

Setelah kamu membuat resume, maka langkah selanjutnya adalah baca kembali resume yang kamu tulis, apa ada kesalahan penulisan atau tidak, serta periksa kembali apakah resume buatan kalian sesuaikan dengan naskah asli atau tidak.

Ohya jangan lupa gunakan ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar dalam cara membuat resume, ya.

Cara Membuat Resume Lamaran Kerja

Di Indonesia, saat orang melamar kerja kebanyakan menggunakan Curriculum Vitae (CV), ya meskipun masih ada juga yang menggunakan Resume untuk melamar pekerjaan. Untuk itu, berikut cara membuat resume lamaran pekerjaan yang bagus dan benar untuk para jobseeker:

1. Siapkan Data-Data Pribadi

Langkah pertama yang harus kamu kerjakan dalam cara membuat resume lamaran kerja yaitu siapkan semua data-data penting tentang diri kalian. Mulai dari pengalaman mengikuti organisasi, riwayat pekerjaan (jika pernah bekerja), riwayat pendidikan, hingga menunjukkan prestasi-prestasi yang pernah kamu raih dengan menunjukkan bukti sertifikat.

2. Menulis Resume

Perlu diingat, bahwa resume adalah sajian yang berisi data diri kamu secara singkat. Oleh karena itu, kamu tidak perlu menuliskan semuanya secara berbobot dan terlalu panjang. Maksimal penulisan Resume yaitu 3 halaman.

Dan kalau kamu lolos dalam tahap screening,  kamu bisa menjelaskan secara lebih detail tentang diri kamu pada wawancara atau interview kerja. Ohya, jangan sampai lupa untuk mencantumkan seluruh kontak kalian secara lengkap, baik itu nomor telepon, whatsapp, email dan lain-lain yang bisa dihubungi.

Itulah cara membuat resume dengan benar dan mudah dipahami para pelajar ataupun jobseeker. 

Format Tulisan Resume

1. Ditulis dengan rapi

2. Menggunakan margin 44 33

4. Huruf Bebas dan rapi

5. Cantumkan Nama dan NPM dibagian Awal serta judul resume.

6. Cantumkan alamat penulisan dan referensi buku/makalah yang digunakan.


Semoga bermanfaat!...

Tabik punnnn.........

Posting Komentar untuk "Cara membuat resume yang baik dan benar, cocok buat jobseeker!"