Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SIAPA SAJA PENDAMPING DESA ITU ?

Hartoni.com - Regulasi Desa mulai UU sampai peraturan dibawahnya mengatur bahwa yang mendampingi Desa untuk memberdayakan Desa adalah tugas pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang dalam pelaksanaannya dapat melibatkan pihak lain. Selain itu dalam PP No. 43/2014 dan Permendesa No. 3/2015 merinci beberapa pihak yang dapat terlibat dalam pendampingan. 

Pertama, 
Pendamping profesional yang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Tenaga Ahli (TA) Pemberdayaan Masyarakat yang berkedudukan di pusat dan provinsi, Pendamping Teknis (PT)  yang berkedudukan di kabupaten/kota dan Pendamping Desa (PD) yang berkedudukan di kecamatan serta Pendamping Lokal Desa (PLD) yang  berkedudukan di desa. 

Kedua, 
Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) yang berasal dari warga Desa setempat yang dipilih melalui musyawarah Desa dan ditetapkan dengan keputusan Kepala Desa. 

Ketiga, 
Pendamping Pihak Ketiga yang terdiri dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), perguruan tinggi, organisasi kemasyarakatan, perusahaan, dan lainnya.

Dari uraian di atas, ada yang perlu dipersoalkan terkait dengan PLD, karena konsep awal PLD itu tidak adak, yang mestinya dan harus ada serta diberdayakan adalah KPMD.

Realitanya teramat banyak PLD yang dirinya sendiri tidak berdaya di desa dampingannya, apalagi memberdayakan masyarakat desa dampingannya.

Terimakasih.
Semoga barokah.
Aamiin...

Posting Komentar untuk "SIAPA SAJA PENDAMPING DESA ITU ?"