Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Menjual Gorengan

Hartoni.Com - Gorengan secara sekilas mungkin terlihat sepele, namun dibalik itu peluang usaha gorengan menyimpan potensi yang besar, karena menyangkut “hajat hidup” orang banyak. Hampir semua orang menyukai gorengan. Makan berasa tidak nikmat tanpa ditemani gorengan, terutama tempe goreng atau tahu goreng. 

Pada acara kumpul bareng teman atau kumpul keluarga dipastikan gorengan akan hadir menjadi salah satu sajian penganan favorit. Dalam tulisan ini saya tidak saja membahas mengenai peluang usaha gorengan, namun juga tips usaha gorengan.

Gorengan bukanlah jenis penganan baru, karena gorengan sudah bisa kita jumpai sejak lama. Penjual gorengan juga dapat kita jumpai dengan mudah di setiap tempat. Di pasar, kantin sekolah, stasiun, terminal, di pinggir jalan kita bisa menjumpai pedagang gorengan dengan mudah.

Nah, untuk penyuka gorengan dapat memanfaatkan peluang usaha gorengan yang menurut saya merupakan salah satu bisnis yang cocok untuk semua kalangan. Hasilnya pun cukup menguntungkan dan menjanjikan. Tanpa gerobak pun Anda bisa menjalankannya. Anda bisa menjalankan usaha gorengan di rumah. Jika dirasa usaha mengalami perkembangan yang bagus, tak ada salahnya membeli gerobak untuk berjualan di teras rumah, atau di jalan masuk menuju rumah anda. 

Bahan baku dan peralatan yang digunakan untuk usaha gorengan sangatlah sederhana, karena itu modal usaha gorengan sangatlah terjangkau. Cukup menggunakan perlengkapan masak yang biasa digunakan sehari-hari seperti wajan beserta spatula dan serokan, kompor lengkap dengan selang dan tabung gas, dan beberapa perlengkapan kecil lain. 

Bahan baku utama membuat gorengan bisa bermacam-macam, tergantung pada menu yang hendak dibuat. Beberapa bahan baku yang biasa digunakan meliputi tempe, tahu, pisang, singkong, sukun, dan berbagai macam lainnya. Disamping bahan baku utama tersebut bahan dominan dalam membuat gorengan adalah tepung terigu.

Hampir semua gorengan menggunakan terigu untuk membalut bahan utama, kemudian digoreng. Jajanan seperti gorengan ini sangat digemari oleh semua kalangan. Untuk modal awal dari usaha ini menghabiskan dana sekitar Rp. 1.000.000 selain grobak dan alat lainnya, harga jual untuk gorengan ini adalah Rp. 1000 perbuahnya.
Meskipun berjualan gorengan dapat dilakukan setiap orang, namun tetap saja anda membutuhkan tips usaha gorengan agar dagangan laku keras, meraup keuntungan dan memenangkan persaingan usaha gorengan yang terbilang sengit.

Berikut ini beberapa tips usaha gorengan yang bisa dijadikan pedoman dalam menekuni peluang usaha gorengan:

Di awal usaha sebaiknya tidak memproduksi gorengan terlalu banyak. Hal ini untuk menghindari kerugian akibat gorengan tidak terjual, karena pada awal usaha belum banyak yang tahu mengenai usaha anda. Jangan pernah menjual gorengan dari sisa hari sebelumnya. Ini akan menurunkan kualitas produk anda, dan bisa membuat anda ditinggalkan konsumen.

Berkorban sedikit demi promosi. anda dapat membagikan gorengan gratis ke beberapa tetangga untuk berpromosi dan mendapatkan feedback dari mereka. Jika para tetangga mengatakan gorengan Anda enak, maka anda akan lebih percaya diri dalam menjual produk anda. Lakukan inovasi dengan membuat gorengan yang unik dan perhatikan kebersihan.

Sumber : Pojok danau Ranau