Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden intan Lampung

Hartoni.com - Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung merupakan perkembangan dan kelanjutan dari Jurusan Kependidikan Islam (KI).Perubahan Jurusan KI menjadi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dimulai dari keluarnya Surat Keputusan Menteri Agama RI nomor 224/k/PTA/6/67, tanggal 25 Juni 1967 tentang pendirian prodi Kependidikan Islam (KI) dan selanjutnya dikeluarkan peraturan Direktur tentang Penataan Program Studi di Perguruan Tinggi Agama Islam yang mengharuskan Jurusan KI menyesuaikan namanya menjadi Prodi MPI. Surat Keputusan (SK) izin penyelenggaraan Prodi S1 MPI diterbitkan oleh SK Dirjen Pendis tanggal 30April thun 2015 Nomor2553 Tahun 2015 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi MPI Strata Satu (S.1) pada Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung tahun 2015.

Berubahnya Jurusan KI menjadi Prodi MPI mensyaratkan perubahan visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi. Sebagai bagian dari universitas, visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi MPI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dibangun dan dirumuskan berdasarkan mandat yang diemban oleh UIN Raden Intan Lampung pasca perubahan dari institut (IAIN) menjadi universitas (UIN). Selain itu, juga dengan memperhatikan Rencana Induk Pengembangan (RIP)IAIN Raden Intan Lampung tahun 2017-2021/2021-2025/2025-2030.

Visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi MPI merupakan penjabaran lebih lanjut dari visi, misi, tujuan dan sasaran Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampungdan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Pasca transformasi institut (IAIN) menjadi Universitas (UIN), UIN Raden Intan Lampung merumuskan visinya yaitu “Terwujudnya Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung sebagai rujukan internasional dalam pengambangan ilmu keislaman integratif-multidisipliner berwawasan lingkungan tahun 2035”, sementara visi Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan adalah “Terwujudnya Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang Unggul dan Kompetitif dalam Mengembangkan Ilmu Pendidikan dan Keislaman Yang Integratif dan Holistik ditingkat Nasional Pada tahun 2028”. Mengacu pada dua visi tersebut, Program Studi MPI kemudian meminta masukan dari berbagai stakeholder untuk merumuskan visi Program Studi,“Unggul dan integratif-multidisipliner bidang Manajemen Pendidikan Islam berbasis Entrepreneurship di tingkat Nasional pada Tahun 2028”.

Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran ProdiMPI dilakukan melalui serangkaian workshop. Pihak yang dilibatkan dalam perumusan visi ini adalah perwakilan mahasiswa, dosen, pengguna alumni, tokoh masyarakat, pimpinan dan ahli pendidikan melalui pertemuan bersama yang dikemas dalam workshop. Mekanisme penyusunan melalui tahapan-tahapan pengumpulan informasi, curah gagasan, perumusan, penetapan, dan sosialisasi visi, misi, tujuan, dan sasaran.

Orientasi penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi diarahkan untuk meneguhkan cirikhas pengembangan keilmuan yang dilakukan oleh UIN Raden Intan, yakni integrasi-interkoneksi keilmuan. Untuk tujuan tersebut, tabel 1.1 menunjukkan bahwa Program Studi MPI telah melakukan beberapa kali pertemuan yang melibatkan stakeholders, berupa rapat-rapat ditingkat program studi dan fakultas, serta workshop.

hartoni201501@gmail.com

Posting Komentar untuk "Profil Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden intan Lampung"