Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuka Peluang dalam Wirausaha

Hartoni.com - Wirausaha dapat menambah nilai suatu barang dan jasa melalui inovasi. keberhasilan dapat dicapai apabila wirausaha dapat dicapai apabila wirausaha menggunakan produk, proses clan jasa-jasa inovasi sebagai alat untuk menggal perubahan. ketangguhan kewirausahaan sebagai penggerak perekonomian terletak pada kreasi baru untuk menciptakan nilai secara terus menerus.wirausaha dapat menciptakan nilai dengan cara mengubah semua tantangan menjadi peluang melalui ide-ide dan akhirnya menjadi pengendali usaha. semua tantangan bisa menjadi peluang apabila terdapat inovasi.

Menurut Zimmerer, ide-ide yang berasal dari wirausaha dapat menciptakan peluang untuk memenuhi kebutuhan riil di pasar. Ide-ide menciptakan nilai potensial di pasar sekaligus, menjadi peluang usaha. Dalam mengevaluasi ide untuk menciptakan nilai-nilai potensial (peluang usaha), wirausaha perlu mengidentifkasi dan mengevaluasi semua resiko yang mungkin terjadi dengan cara:

-Mengurangi kemungkinan risiko melalui strategi yg proaktif
-Menyebarkan Resiko yang dapat membuka peluang
-Mengelola risiko yg mendatangkan nilai atau manfaat

Ada 3 risiko yg dpt dievaluasi :
         Risiko pasar / persaingan
         Risiko finansial
         Risiko teknik

Risiko terjadi akibat adanya ketidakpastian pasar, risiko finansial terjadi akibat rendahnya hasil penjualan dan tingginya biaya. Risiko teknik terjadi akibat adanya kegagalan teknik. Ketidakpastian pasar terjadi akibat dari berbagai faktor spt : lingkungan ekonomi, teknologi, demografi dan sospol.

Menurut Zimmerer (1996: 82), kreativitas sering kali muncul dalam bentuk ide untuk menghasilkan barang dan jasa baru. Ide bukanlah peluang dan tidak akan muncul bila wirausaha tidak mengadakan evaluasi dan pengamatan secara terus-menerus. 

Banyak ide yang betul-betul asli, akan tetapi sebagian besar peluang tercipta ketika wirausaha memiliki cara pandang baru terhadap ide yang lama. Pertanyaannya, bagaimana ide bisa menjadi peluang? Terdapat beberapa jawaban atas pertanyaan ini, di antaranya:

         Ide dapat digerakkan secara internal melalui perubahan cara-2/  metode yg lebih baik untuk                 melayani         dan memuaskan pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya.
         Ide dapat dihasilkan dalam bentuk produk dan jasa baru
        Ide dapat dihasilkan dalam bentuk modifikasi pekerjaan yang dilakukan atau cara melakukan               suatu pekerjaan.

Nilai suatu barang dapat diciptakan melalui inovasi.
Nilai dapat diciptakan dg cara mengubah tantangan menjadi peluang.
Peluang dpt diciptakan melalui ide-ide kreatif dan inovatif.

Sumber-Sumber Potensial Usaha

Agar ide-ide potensial menjadi peluang bisnis yang riil, maka wirausaha harus bersedia melakukan evaluasi terhadap peluang secara terus menerus. Proses penjaringan ide atau disebut proses screening mrpk suatu cara terbaik untuk menuangkan ide potensial menjadi produk & jasa riil.

1. Menciptakan Produk Baru & Berbeda.

Wirausaha harus benar-benar mengetahui perilaku konsumen di pasar. Dalam mengamati perilaku pasar paling sedikit ada dua unsur pasar yang perlu diperhatikan :
         Permintaan terhadap barang / jasa yang dihasilkan
         Waktu penyerahan & waktu permintaan barang/jasa
Dengan demikian, jelaslah bahwa wirausaha yg sukses perlu menciptakan produk & jasa unggul yang memberikan nilai kepada konsumen.

2. Mengamati Pintu Peluang
3. Analisis produk & proses produksi secara mendalam.
4. Menaksir biaya awal.
5. Memperhitungkan risiko yg mungkin terjadi. 

Tabikk