Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri dan Bentuk Bisnis Kecil

Hartoni.com - Bisnis kecil adalah bisnis yang dikelola secara mandiri dan tidak mendominasi pasar, pengaruh bisnis kecil dalam dunia usaha relatif kecil karena bukan bagian bisnis yang lain. Karena keuntungan yang didapatkan juga relatif kecil.

Dengan adanya bisnis kecil peluang membuka lapangan pekerjaan sangat terbuka karena dorongan dari ide ide bisnis bisnis baru, ruang gerak bisnis kecil juga sangat memberikan dampak positif terhadap bisnis besar, terutama penjualan pasti bisnis besar pasti melalu bisnis kecil. Bisnis kecil juga membantu penyediaan bahan bahan mentah untuk bisnis bersekala besar seperti pengemasan, pengiriman dan distribusi.

Beberapa bentuk bisnis kecil yaitu:

1. Jasa, lebih sedikit menggunakan sumber daya seperti.
- Toko semir sepatu
- Penyewaan Mobil
- Konsultan perkawinan
- dsb.
2. Eceran (Retailing), menjual langsung kepada konsumen hasil dari perusahaan lain.
3. Konstruksi
4. Finansial dan Asuransi
5. Grosir yaitu membeli produk dari produsen, kemudian menjualnya kembali kepada pengecer
6. Transportasi,
7. Pabrikasi.

Cara memulai bisnis kecil yaitu: Adanya komitmen yang kuat, Memilih barang dan jasa yang akan ditawarkan, Meniti Pasar dan industri Melihat tren dalam perindustrian dan mengukur kemampuan sendiri. Sumber biaya bisnis kecil adalah Biaya pribadi, keluarga, penanam modal, badan badan pemerintah, bank, dan aliansi.

Perbedaan antara bisnis kecil dan kewirausahaan adalah aspirasi dari konsumen maupun produsen. Kewirausahaan termotivasi untuk terus berkembang dan membangun secara cepat akan tetapi bisnis kecil agak lambat karena condong terikat antara kemajuan konsumen dan produsen. Kewirausahaan juga sangat terbuka lebar untuk memberikan lapangan pekerjaan baru baik usaha yang sudah lama maupun pemula.

Ciri-ciri kewirausahaan yang berhasil adalah :
1. Percaya diri
2. Berorientasikan kemanusiaan
3. Berorientasi tugas dan keputusan
4. Memliki ide dan kreatifitas
5. Berorientasi masa depan
6. Bersedia mengambil resiko
7. Kemampuan untuk membuat keputusan
8. Perencanaan yang matang
9. Kemampuan untuk mendirikan perusahaan
10. Kemampuan Manajemen

Dalam melakukan usaha baik bisnis kecil dan kewirausahaan kita harus mempunya sebuah target, agar ketika mempunyai tim akan selalu solid karena semua kebutuhan terpenuhi, untuk menciptakan target itu tidak mudah karena perlu kerja keras dari seluruh komponen tim yang ada dan dikelola oleh manajemen yang baik.

Tabik