Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Wirausaha Muda

Hartoni.Com - Banyak alternatif yang ingin diambil seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari hari, dan yang paling mudah dalam bayangan pengen buka usaha aja. Yuk mari kita bahas sedikit tentang usaha. Ada beberapa pertanyaan bagaimana mencapai impian usaha sukses.

Tentunya, di Indonesia kondisi perekonomian masih belum mencapai sejahtera seperti begitu sulitnya mencari pekerjaan, maka menciptakan lapangan pekerjaan sendiri atau wirausaha mandiri adalah salah satu solusi terbaik. Dengan hal itu maka harus ditemukan suatu peluang usaha yang tepat sehingga benar-benar dapat meningkatkan taraf hidup, bahkan dapat membantu sesama manusia.

Wirausaha apapun bentuknya, ternyata menjadi kendala utama dengan permodalan, apalagi dengan sulitnya berbagai persyaratan dan prosedur peminjaman Modal termasuk harus ada agunan ketika pinjam modal di Bank. 

Akhirnya permodalan justru mengalir kepada mereka yang punya agunan alias punya asset lebih. Dengan latar belakang inilah para pemilik usaha kecil lebih memilih bermitra dengan rentenir walaupun akhirnya mereka akan terjerat hutang, sebenarnya kalau kita sudah mempunyai strategi berwirausaha tidak perlu modal besar.

Banyak kasus bahwa usaha bisa menjadi sukses hanya dengan modal kecil dan peralatan seadanya. Memang untuk menjadi wirausaha yang sukses adakalanya harus dirintis dari nol, justru dengan cara inilah pemilik usaha akan lebih berpengalaman dan siap dalam menghadapi masalah apapun berkenaan dengan usahanya.

Saya yakin setiap orang terlahir ke dunia ini memiliki keahlian masing-masing apapun itu bentuknya. Seperti pada waktu itu saya survey dan berbincang bincang dengan pemilik usaha kecil yang notabennya dia hanya memiliki pendidikan sampai SMP saja.dia membuktikan diri dengan segala kemampuan dan keahlianya untuk merintis usaha yang kecil hingga sampai menciptakan lapangan pekerjaan bagi lingkungannya. 

Pada saat itu saya menanyakan dengan seorang wirausaha yang sukses dengan usahanya “Es dawt Hijau”. Sebenernya kalau dilihat dari bentuk usaha dan permodalannya ini memiliki tingkat modal yang rendah. Hanya dengan modal puluhan ribu saja, anda sudah dapat menjual minuman es dawet hijau yang banyak diminati konsumen.

Untuk dapat menjual 100 gelas hanya dibutuhkan 1 kg tepung, gula dan santan yang semua itu dapat diperoleh dengan harga Rp 90.000. yang menarik adalah bahan baku yang sederhana itu, dapat memberikan keuntungan yang besar. Harga jual per gelas adalah Rp 5.000, rata-rata penjualan perhari 100 gelas, jadi penjualan yang dihasilkan adalah Rp 5.000 X 100 = Rp 500.000. Jadi keuntungan bersih yang dihasilkan dalam sehari adalah Rp. 500.000 – Rp 90.000 = Rp 410.000. Ini baru dari satu lokasi, bagaimana jika membuka cabang? Untung besar bukan ? . Bagaimana kunci sukses bisnis ini ? kualitas produk dan faktor kali keuntungan. 

Pertama, adalah menciptakan produk dengan rasa istimewa dan layak jual, oleh karena itu biasanya mereka tertarik menjalankan bisnis ini selalu belajar dengan ahlinya. Kedua adalah membuka beberapa cabang. Oleh karena itu untuk dapat menjadi berwirausaha yang sukses dalam menjalankan usahanya ini tidak cukup hanya dengan resep jadi dan kualitas rasa tanpa ada nilai lebihnya. Namun perlu belajar kepada ahlinya, agar dapat mempuat produk yang layak jual dan yang tidak kalah penting adalah STRATEGI Wirausaha. Walaupun dalam berwirausaha mempunyai pasang surutnya maka harus lebih berusaha dan sabar dalam menjalankannya.

Tabik punnn.,

Sumber : Pugung Poto Copy