Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Dengan Metode Jual Online

Hartoni.com - Dampak dari perkembangan teknologi informasi tentu harus dimanfaatkan sebagai peluang bagi yang ingin membuka dan belajar usaha, disini penulis akan sedikit membahas tentang bisnis online. 

Bisnis adalah kegiatan usaha yang dilakukan oleh satu orang atau lebih yang berfungsi untuk menyediakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen maupun produsen. Seorang pembisnis selalu mempunyai ide kreatif dalam pengembangan bisnis , ada beberapa jenis bisnis yang dapat dikembangkan seperti bisnis manufaktur (properti, pembuatan tempe, tahu), bisnis jasa (salon, bengkel), bisnis produk bahan mentah (minyak bumi, batu bara), bisnis transportasi (jasa travel, agen pengiriman seperti JNE) maupun bisnis online.

Seorang pembisnis mula jika ingin membuka sebuah usaha maka ia harus membaca sebuah peluang bisnis tersebut agar dapat meraug keuntungan yang sesuai dengan usaha yang dijalankan. Contohnya dengan membuka usaha online, usaha ini bias dilakukan dengan memanfaatkan berbagai media online diinternet, seperti jual pakaian, makanan,dan barang lainnya. Kelebihan dari bisnis online yaitu jumlah modal yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan dengan bisnis ofline , praktis, dan bebas waktu artinya usaha online bisa dilakukan dimana saja tanpa menentukan tempat dan waktu dibandingkan dengan bisnis ofline yang harus berada di tempat usaha tersebut. Seseorang yang ingin membuka bisnis tetapi ia sibuk dengan pekerjaan lain, maka bisnis online sangat membantu.

Sebagai contoh seorang pengusaha yang memiliki keterampilan menjahit dan sudah mahir membuat baju maka dengan ini seorang pengusaha sudah memiliki peluang usaha dibidang fashion kemudian ia bisa menjual barang tersebut di wbsite atau akun pribadi dengan memperdagangkan semua hasil produktifitasnya seperti di facebook, instagram, whatsapp dan lainnya karena sebagian besar orang yang ada di internet ingin mendapatkan informasi, maka strategi seperti ini sangat efektif untuk memperkenalkan mereka dengan bisnis pengusaha dan mendapatkan pembeli.

Untuk mendirikan usaha online ini pengusaha membutuhkan modal sebesar 20.000.000, untuk membeli alat jahit, dan kain untuk bahan baju, untuk masalah tempat bias memanfaatkan rumah sendiri atau menyewa tmpat pembuatan baju, Jika semua keperluan sudah terpenuhi maka pengusaha mengeluarkan modal sebesar 60.000,00 untuk /meter kain, baju biasanya membutuhkan 2-3 meter kain maka modal yang dikeluarkan sekitar 120.000,00 dan bias dijual dengan harga 150.000,00 dengan demikian pengusaha akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Sumber : Inspirasi Pagi